Cara Merawat Burung Pleci Supaya Cepat Bukpar

iklan

Sahabat Pleman, bagaimana sih cara merawat atau cara seting harian supaya burung pleci atau kacamata bisa cepat buka paruh ngalas dan ngerool secara cepat. Tip ini adalah rangkuman dari beberapa pengalaman dari Pleman. Karena burung pleci itu burung yang memiliki watak karakteristik misteri, beda orang beda perawatan.

Berikut ini adalah  Perawatan Harian Burung Pleci :

  1. pagi-pagi sekitar pukul 07.30 burung dikeluarkan dari rumah dan di angin-anginkan ditempat yang adem seperti dibawah pohon atau di halaman rumah,.
  2. Beri 2-3 ekor ulat hongkong kedalam cepuk khusus atau bisa untuk pleci yang masih giras diberikan memakai lidi supaya burung pleci tersebut cepat nurut.
  3. Bersihkan sisa-sisa makanan yang ada di sangkar baik di cepuk,diair atau di tangkringan ini untuk menjaga kesehatan pleci.
  4. sekitar pukul 08.00 burung di mandikan dengan semprotan spray yang halus biasanya semprotan tersebut sudah ada dijual di toko burung. kalau cuaca baik tidak mendung mandikan burung pleci sampai basah kuyup tapi kalau cuaca kurang baik sebaiknya mandikan setengah basah kuyup supaya tidak terjadi kematian yang dialami burung penulis.
  5. Jemur burung pelci sampai jam 12.00 berdekatan dengan koloninya sebaiknya burung dijemur dibawah gantangan supaya cepat kering.
  6. habis dijemur pada jam 12.00 pleci di angin-angikan di bawa ke tempat sejuk adem seperti bawah pohon seperti biasa di dekatkan dengan koloninya kalau sahabat memiliki lebih dari 1 ekor burung pleci.
  7. setelah itu butung di gantang berpisah memakai jarak sekitar 1-1,5 meter , untuk saling bersahutan sama lain. keberhasilan burung pleci ini yaitu terletak pada pemasteran.
  8. Supaya burung cepat bukpar penulis biasanya memberikan makanan tambahan seperti buah apel,pisang kepok dan mentimun itu diberikan bergiliran setiap harinya.
  9. jangan lupa berikan juga minuman manis yang baik seperti gula aren,gula putih,atau bisa juga minuman seperti larutan kaleng yang biasa dijual di warung-warung.
  10. gantang burung sampai jam 15.00 sore, sambil berikan suara-suara masteran seperti kenari,ciblek,murai dan burung-burung lainnya. disini kelebihan burung pleci, pleci bisa meniru suara-suara burung lain hampir 40 suara.
  11. ketika burung pleci sudah menjelang malam hari sebaiknya di gantang berdekatan dengan pleci-pleci lainnya dan tidak perlu di krodong, dan berikan suara masteran diberikan nada yang rendah supaya masuk sampe ke rekam sama burung.
tips diatas insaaloh akan berhasil kalau sahabat tekun dan ulet serta konsisten. sebetulnya tidak perlu menunggu lama sekitar 2 minggu juga burung pleci sahabat akan cepat gacor,ngalas,ngeplong deh. silahkan untuk dicoba. 

sumber : caramerawatburung.com

0 Response to "Cara Merawat Burung Pleci Supaya Cepat Bukpar"

Posting Komentar