Bingung memastikan jenis dan asal daerah Murai Batu ?

iklan

Murai batu sangat beragam jenisnya, di Indonesia terdapat 6 jenis burung murai batu yang populer, di kalangan penghobi burung, diantaranya adalah burung murai batu nias, aceh, medan, lampung, dan borneo. Berikut ini adalah sedikit ulasan dari ke enam jenis burung murai batu :


1. Burung Murai Batu Nias

Burung murai yang satu ini disebut burung murai batu nias karena habitatnya berada di kepulauan Nias. Ciri yang khas dari murai batu nias adalah warna ekornya hitam legam tanpa sedikitpun bulu berwarna putih seperti burung murai lainnya. Murai Nias mempunyai volume suara yang keras. Mental tarung bagus dan juga variasi suara yang banyak, Namun bila diadu dengan murai jenis lainnya (murai batu medan misalnya) murai batu nias sering kali kalah mental.



2. Murai Batu Aceh

Burung murai yang satu ini disebut burung murai batu aceh karena habitatnya berada di sekitar aceh. Ukuran tubuh burung murai batu aceh tidak terlalu besar dan warnanya amat tegas. Burung murai batu aceh memiliki mental bertarung yang cukup bagus. Ciri fisiknya seperti terlihat dalam gambar, Ukuran ekor beragam dari pendek sampai menengah dan pada ujung setiap bulu ekor terdapat warna putih.

















3. Murai Batu Medan

Burung ini banyak ditemukan di daerah Bukit Lawang, Bohorok, kaki Gunung Leuser wilayah Sumatra Utara atau di medan, makanya diberi nama murai batu medan sesuai dengan daerah asalnya. Murai Medan adalah primadona dalam dunia burung murai. Mempunyai badan dengan ukuran 27-30 cm dengan ekor yang sangat panjang menawan yang tampak proporsionak serta mental bertarung yang sangat bagus. Ciri-ciri burung murai batu medan adalah :
  • Mempunyai ekorpaling panjang dalam famili murai, sekitar 27- 30 cm.
  • Variasi kicauan indah dan banyak serta intonasi yang kuat dan jelas.
  • Mental bertarung yang sangat kuat.


4. Murai Batu Lampung

Burung murai yang satu ini habitatnya adalah di lampung, mempunyai ekor pendek dibandingkan jenis murai lain  12 – 18 cm. Burung murai batu lampung memiliki mental yang cukup bagus, bila murai batu medan adalah rajanya murai bisa dikatakan bahwa murai lampung adalah ratunya murai. Kelebihan yang menonjol dari murai batu lampung adalah bahwa murai batu lampung cenderung memiliki stamina yang baik dan tidak mudah lelah dalam berkicau dengan tempo yang sangat lama.


5. Murai Batu Borneo ( Kalimantan)

Murai Borneo berasal dari daerah kalimantan, oleh karenanya disebut murai borneo. Memiliki panjang ekor sekitar 8 – 13 cm dengan ciri khas membusung / menggelembungkan dadanya pada saat bertarung dalam arena lomba seperti sedang menunjukan kejantanannya.



disunting dari burungmurai.com

0 Response to "Bingung memastikan jenis dan asal daerah Murai Batu ?"

Posting Komentar