Murai ekor hitam,tidak bakal unggul dari murai Sumatera lainnya dalam performa dan mentalnya.

iklan

Ada yang mengatakan bahwa salah satu jenis murai batu yaitu yang berekor hitam tidak akan dapat mengungguli jenis murai batu lainnya. juga murai batu dengan ekor terbuka atau nggunting adalah jelek

Mitos tinggal mitos
Mitos itu antara lain adalah:
1. Murai batu ekor hitam atau biasa disebut murai batu nias, tidak bakal mengungguli jenis murai batu Sumatera lainnya dalam hal performa dan mentalnya. Penampilan Natalia mulai dari Latpres di Karanganyar, Solo, lomba nasional di Cirebon dan Semarang (KM Cup dan Prabowo Subianto Cup) disusul dengan menjadi jawara satu di kelas paling bergengsi Piala Raja (kelas Maharaja), mematahkan mitos atau citra negatif murai batu nias.
2. Murai batu jawara mesti diumbar agar nafas kuat. Ini adalah mitos lama yang sudah beberapa kali saya sanggah. Buktinya ya Natalia itu. Dia tidak kenal namanya umbaran. Faktanya memang, melatih burung adalah dengan melatihnya bernyani, bukan melatih burung untuk bertinju hehehe…
3. Murai batu perlu dijemur lama agar kuat nafasnya. Nah ini juga mitos. Ini tidak berlaku untuk Natalia. Sebab, Natalia dalam kesehariannya hanya jemur paling lama 1 jam. Meski hanya dijemur sebentar seperti itu, Natalia sudah ngos-ngosan. Tetapi faktanya, dia bisa tarik nafas panjang dan meledak-ledak kalau di arena lomba. Ya, kalau penjemuran memang menambah nafas panjang, ya mana ada penyanyi berjemur lama-lama agar otot-otot tenggorokan kuat dan pita suara berperforma normal.
4. Murai batu yang bagus tidak ngeban-ngeban. Nah ini mitos juga. Buktinya, Natalia juga banyak bersuara ngeban saat di rumah.
5. Setelan pakan dan ekstra fooding burung berbeda antara harian dan untuk lomba. Mitos ini patah oleh kenyataan bahwa Natalia tidak pernah diberi setelan pakan yang aneh-aneh dan berbeda antara harian dan persiapan lomba. Ada setelan khusus, tetapi sederhana, yakni diberi tambahan kelabang seekor ketika mau berangkat lomba dan beberapa ekor ulat hongkong ketika siap diturunkan.
6. Murai batu dengan ekor membuka, nggunting, adalah jelek. Ya ini juga mitos belaka. Lihat itu Natalia atau juga siapa pernah mendengar nama Dahlia, mereka adalah murai batu dengan ekor membuka alias nggunting, yang disebut seperti itu karena bentuk ekor jadi seperti gunting sedang membuka.
sumber omkicau.com

0 Response to " Murai ekor hitam,tidak bakal unggul dari murai Sumatera lainnya dalam performa dan mentalnya."

Posting Komentar